Rabu, 26 Oktober 2011

PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL di INDONESIA


Pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin hari menunjukkan perkembangan yang pesat telah melahirkan berbagai macam persoalan di Negara ini. Perkembangan penduduk di Indonesia menyebabkan banyaknya konflik, dimana inti dari permasalahan itu adalah kuantitas yang terus bertambah yang tidak diikuti oleh sumber daya manusia yang mendukung. Hal ini menyangkut aspek ekonomi politik sosial bahkan budaya. Dari segi aspek sosial, menurut persepsi saya, setelah mendengar dan menyaksikan dari berita, browsing di internet, dan membaca dari surat kabar atau Koran harian, ternyata aspek sosia lah yang paling besar mendapatkan dampak dengan pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin meledak. Hal ini di sebabkan oleh pesatnya pertumbuhan penduduk tanpa di ikuti dengan kualitas dan kuntitas yang di miliki oleh sumber daya manusia. Berikut sebuah pernyataan yang saya baca dari Koran harian seputar Indonesia tentang masalah KB, “dengan klinik kesejahteraan keluarga, pelayanan yang diberikan bukan hanya pelayanan kontrasepsi melainkan juga konsultasi menyangkut seluruh masalah dasar ibu, anak, gizi, dan terutama tentang pentingnya program KB dan dampak ledakan penduduk”. Dari kutipan tersebut kita dapat melihat betapa sesungguhnya dampak dari pertumbuhan penduduk yang semakin luar biasa akan menimbulkan banyak sekali konflik dalam ranah kehidupan sosial, seperti kendala yang dihadapi oleh badan kesejahteraan keluarga berencana (BKKBN) tersebut. Bukan hanya itu saja pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap perkembangan sosial juga menyebabkan terjadinya migrasi penduduk. Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan melewati batas negara atau batas administrasi dengan tujuan untuk menetap. 

Migrasi memiliki banyak jenis seperti :
  • ·          Migrasi Internasional, yaitu perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lainnya.
  • ·         Migrasi Nasional atau Internal, yaitu perpindahan penduduk di dalam satu Negara
Banyak factor yang menyebabkan terjadinya imigrasi salah satunya seperti : factor ekonomi, factor keselamatan, factor agama, factor pendidikan, factor politik dan keamanan.

Tanggapan :
Oleh sebab itu menurut saya yang terpenting saat ini adalah kita harus mencoba menyeimbangkan antara kuntitas dan kualitas yang dimiliki dengan baik, sehingga segala macam konflik yang terjadi dapat kita minimasir.





Sumber: 
Koran harian seputar Indonesia.
http://alfinzaraendina.blogspot.com/2010/10/pengaruh-pertumbuhan-penduduk-terhadap.html 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar