Sabtu, 14 April 2012

TUGAS SOFTSKILL 2


Tugas : Sebagai bangsa timur apa yang harus dilakukan dalam pergaulan sehari-hari di lingkungan kampus ?
Jawab :
Sejak dahulu Bangsa timur merupakan bangsa yang terkenal dengan tatanan budaya adat istiadatnya disertai dengan nilai agama yang mencerminkan kesantunan, ramah, mudah bergaul, dan masih banyak sisi positif yang terkandung namun memiliki batasan – batasan yang jelas yang telah terpatri dalam tatanan adat istiadat dan yang terkandung dalam nilai agama  tersebut. Dalam pergaulan sehari – hari di kampus terutama di Negara Indonesia para mahasiswa dan mahasiswi seharusnya menunjukan jati diri bahwa bangsa kita memiliki nilai – nilai adat budaya yang baik dalam melaksanakan pergaulan namun tidak juga tertutup kepada budaya asing yang positif dan membentengi diri dari budaya asing negatif. Dalam pergaulan di kampus hendaknya mahasiswa dan mahasiswi :
1.                        Berpenampilan sesuai ketentuan dalam hal ini yaitu berpakaian dengan sopan. Contoh jangan pergi ke kampus menggunakan rok mini untuk yang mahasiswi dan tidak menggunakan celana levis sobek – sobek untuk mahasiswa.
2.                        Tidak mengkonsumsi narkotika dan sejenisnya yang dapat merugikan diri sendiri dan lingkungan yang ada sekitarnya.
3.                        Hidup disiplin dan slalu tepat waktu dating ke kampus, hal ini bernilai bahwa selain adanya disiplin diri, kita juga telah menghargai dosen dengan datang sebelum waktu belajar dimulai.
4.                        Bersikap sopan dan menghargai sesame serta berlaku sama terhadap semua orang dan tak memandang rendah seseorang karena status sosial, suku dan lainnya. Dalam hal ini tidak membeda – bedakan orang sebab semua manusia sama derajatnya dimata tuhan.
5.                        Menjaga norma kesusilaan yang ada. Contoh tidak berdua – duaan di tempat sepi dengan lawan jenis.
6.                        Saling berbagi antara satu dengan lainnya dalam hal ini berbagi dalam kebaikan, misalnya membentuk kelompok diskusi dimana disana dapat terbentuk hubungan saling berbagi dari yang tahu kepada yang tidak tahu sehingga menjadi tahu.
7.                        Menjadikan perbedaan sebagai wahana untuk belajar menjadi lebih baik dengan mencontoh yang baik dari orang lain dan membuang yang kurang baik.
8.                        Mentaati peraturan yang telah ada dan dibuat oleh pihak kampus yang didalamnya telah diatur lebih rinci apa – apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan mahasiswa dan mahasiswi dalam pergaulan sehari – hari dalam lingkungan kampus.
Kita harus bangga menjadi bangsa timur yang memiliki ciri khas adat istiadat yang masih kental meski era modernisasi telah merambah ke berbagai penjuru dunia. Dengan keterbukaan kita terhadap kemajuan tapi tidak meninggalkan nilai – nilai luhur yang ada maka bangsa kita akan menjadi bangsa yang maju dan besar, serta memiliki penerus bangsa,yang bukan saja memiliki pengetahuan, namun memiliki sikap dan prilaku yang baik yang di bentuk di bangku pendidikan serta lingkungan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar